Ekolabel dapat
dimanfaatkan untuk mendorong konsumen agar memilih produk-produk yang
memberikan dampak lingkungan yang lebih kecil dibandingkan produk lain yang
sejenis. Penerapan ekolabel oleh para pelaku usaha dapat mendorong inovasi industri
yang berwawasan lingkungan. Selain itu, ekolabel dapat memberikan citra yang
positif bagi ‘brand’ produk maupun perusahaan yang memproduksi dan/atau
mengedarkannya di pasar, yang sekaligus menjadi investasi bagi peningkatan daya
saing di pasar. Bagi konsumen, manfaat dari penerapan ekolabel adalah konsumen
dapat memperoleh informasi mengenai dampak lingkungan dari produk yang akan
dibeli/digunakannya. Karena kepentingan tersebut, konsumen juga memiliki kesempatan untuk berperan serta
dalam penerapan ekolabel dengan memberikan masukan dalam pemilihan kategori
produk dan kriteria ekolabel. Penyediaan ekolabel bagi konsumen juga akan meningkatkan
kepedulian dan kesadaran konsumen bahwa pengambilan keputusan dalam pemilihan
produk tidak perlu hanya ditentukan oleh harga dan mutu saja, namun juga oleh
faktor pertimbangan lingkungan. Ukuran keberhasilan ekolabel dapat dilihat dari
adanya perbaikan kualitas lingkungan yang dapat dikaitkan langsung dengan
produksi maupun produk yang telah mendapat ekolabel. Selain itu, tingkat peran
serta dari kalangan pelaku usaha dalam menerapkan ekolabel juga menjadi indikator penting keberhasilan ekolabel.
Ekolabel memiliki dua manfaat dalam perdagangan,
yaitu
Bagi konsumen :
- · memberikan informasi kepada konsumen agar konsumen dapat membuat pilihan berdasarkan informasi tersebut
- · agar konsumen dapat membedakan antara produk ramah lingkungan dengan yang tidak.
Bagi produsen :
- · memberi kesempatan kepada produsen mendapat penghargaan atas usahanya memelihara lingkungan hidup
- · menciptakan insentif pasar bagi produsen untuk menekan pengeluaran biaya
DAFTAR ISI